Diberdayakan oleh Blogger.

Rempah – Rempah Penghasil Rupiah, Satu Pohon Cengkeh Bernilai 1-3 Juta Rupiah | Pusat Pupuk Organik Natural Nusantara ( Nasa )

Posted by Toko Online Pupuk Organik Nasa


Konsistensi dengan pekerjaan, mau sedikit bersusah payah, hasilnya sangat menyenangkan. Tak perlu petani besar, tak perlu gelar dan titel, bahkan seorang ibu juga bisa raup banyak uang jika mau serius. Tak Percaya ? Kita tengok saja di pinggiran Temanggung saat panen cengkeh sedang berjalan.
Bagi Ambar Munawati (32), musim panen Rempah – Rempahcengkeh kali ini adalah musin yang menyenangkan. Kalau mau ia bisa membeli sedikit tanah, bisa membeli barang – barang kebutuhan rumah tangga dan juga untuk hidup sehari – hari. Pohon – pohon cengkehnya telah memberi buah yang nilainya sangat menggiurkan. Banyak sekali ibu – ibu yang menjadi buruh Phitil. Phitil adalah memisahkan buah cengkeh dari tangkainya. Buruh Phitil ini juga sekaligus buruh petik.
Rejeki dari cengkeh ini juga merupakan berkah tersendiri bagi buruh petik. Ambar bahkan memberi THR untuk para buruhnya. Para buruh menjadi bersemangat kerjanya, sangat ironis jika dibandingkan keadaan dimana ada beberapa perusahaan yang THR-nya saja masih “alot”. “ Semua bisa terjadi karena cengkeh,” kata Ambar dengan penuh senyum.

Rempah – Rempah Penghasil Rupiah, Satu Pohon Cengkeh Bernilai 1-3 Juta Rupiah | Pusat Pupuk Organik Natural Nusantara ( Nasa )

Related Post



Posting Komentar